Membuat Segitiga dan Piramida dengan Angka dan Bintang Java
Pemahaman Awal :
public class Perulangan {
public static void
main(String[] args) {
int i,j;
for ( i = 0; i
<=6; i++) {
System.out.println();
for j = 0; j < 5; j++) {
System.out.print(" * ");
}
}
}
}
Pada program diatas, pertama yang kita lakukan adalah
mendeklarasikan 2 variabel yaitu i dan j. Di program ini kita membuat 2 jenis
perulangan yaitu outer loop dan inner loop. Terlihat pada program diatas, yang
outer loop adalah pada code (i = 0; i <=6; i++) , yang artinya kita
memberikan nilai i = 0 yang menjadi awalan perulangan looping kita. Dan program
tersebut akan terjadi penambah atau increement selama i lebih kecil sama dengan
6.
Di dalam outer loop ini, kita gunakan untuk memberikan baris
spasi ke bawah agar dapat menampilkan inner loop sebanyak 5 kali menampilkan
tanda * .
Pada inner loop atau pada code (j = 0; j<5;j++), kita
telah memberika nilai j = 0 yang dimana selama j kurang dari sama dengan 5,
lakukan penambahan nilai atau increment. Dan pada ini akan menghasilkan 5
bintang (*).
hasil program tersebut akan menjadi sebagai berikut :
Dikarenakan kita sudah memahami konsep awalnya, maka
dutormasi tidak akan memperpanjang kata lagi. Selanjutnya kita akan masuk pada
inti artikel ini yaitu program segitiga siku dan piramida menggunakan angka dan
bintang. Selamat menyimak sobat dutormasi !!
1. Menampilkan Segitiga Siku-siku Menggunakan Bintang
Code Programnya :
public class Segitigasikubintang {
public static void
main(String[] args) {
int x,y;
for (x = 0; x
<=7; x++) {
//outer
loop
System.out.println();
//Memberi
garis baru atau enter
for (int y
= 0; y < x; y++) {
//inner loop
System.out.print(" * ");
//menampilkan bintang pada
output
}
}
}
}
Pada program ini hampir sama saja pada konsep pemahaman awal
kita. Pertama yang kita lakukan adalah deklarasi dengan 2 varibel yaitu x dan
y. Dan disini kita menggunakan perulangan for yang menjadi 2 bagian yaitu
perulangan luar (outer loop) dan perulangan dalam (inner loop).
Seperti pada sebelumnya, outer loop digunakan untuk
memberikan enter atau garis baru, yang berfungsi untuk membentuk pola segitiga.
Sedangkan pada inner loop atau perulangan dalam akan berfungsi untuk
menampilkan barisan bintang.
Dikarenakan pada outer loop (x = 0; x<=7; x++), maka
dihasilkan enter atau baris baru berjumlah 7 kebawah berjumlah 7 dengan cara
dari x =0 dilanjutkan dengan increment.
Terus kenapa barisan bintangnya ada 7? Ya karena seperti
kita buat pada program kita ,tepatnya pada code (y = 0; y<x; y++) . Di inner
loop ini, kita memulai perbandingan y dari 0, dan dibandingkan terakhir dengan
angka x = 7. Dikarenakan perbandingan terakhirnya x = 6 dan y = 7 (6<7).
Maka bintang yang dihasilkan berjumlah 7
barisan bintang.
Sehingga hasil program tersebut adalah :
2. Menampilkan Segitiga Siku-siku Menggunakan Angka
Code Programnya :
public class Segitigasikuangka {
public static void
main(String[] args) {
int a,b;
for (a = 7; a
>=0; a--) {
//outer
loop
System.out.println();
//Memberi
garis baru atau enter
for (b =
7; b > a; b--) {
//inner loop
System.out.print(b + "
");
//menampilkan bintang pada output
}
}
}
}
Hampir sama seperti sebelumnya hanya saja ada yang sedikit
berbeda pada program ini. Pada perulangan for ini kita menggunakan nilai angka
yang terdapat pada variabel b dengan spasi ke samping, tepatnya pada code
(System.out.print (b + ” “). Sehingga hasilnya tidak sama pada sebelumnya, pada
program ini menampilkan sebuah angka.
Namun juga terdapat perbedaan pada outer loop dan inner loop
yang kita gunakan. Pada program ini kita melakukan decrement atau pengurangan
nilai 1 setiap terjadi perulangan. Karena itulah hasil program ini dimulai dari
7 sampai ke 1.
Hasil Programnya adalah :
TUGAS LATIHAN
1.
Tugas Buatllah Segitiga Sama Kaki atau Piramida
Menggunakan Bintang
Yang hasil nya sebagai berikut:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar