Selasa, 06 Juli 2021

Membuat Segitiga dan Piramida dengan Angka dan Bintang Java

Cara Rusli

Membuat Segitiga dan Piramida dengan Angka dan Bintang Java

 

Pemahaman Awal : 

 

 

public class Perulangan {

   

    public static void main(String[] args) {

 

        int i,j;

        for ( i = 0; i <=6; i++) {

            System.out.println();

           

            for  j = 0; j < 5; j++) {

                System.out.print(" * ");

               

            }

        }

 

    } 

}

 

Pada program diatas, pertama yang kita lakukan adalah mendeklarasikan 2 variabel yaitu i dan j. Di program ini kita membuat 2 jenis perulangan yaitu outer loop dan inner loop. Terlihat pada program diatas, yang outer loop adalah pada code (i = 0; i <=6; i++) , yang artinya kita memberikan nilai i = 0 yang menjadi awalan perulangan looping kita. Dan program tersebut akan terjadi penambah atau increement selama i lebih kecil sama dengan 6.

Di dalam outer loop ini, kita gunakan untuk memberikan baris spasi ke bawah agar dapat menampilkan inner loop sebanyak 5 kali menampilkan tanda * .

Pada inner loop atau pada code (j = 0; j<5;j++), kita telah memberika nilai j = 0 yang dimana selama j kurang dari sama dengan 5, lakukan penambahan nilai atau increment. Dan pada ini akan menghasilkan 5 bintang (*).

 

hasil program tersebut akan menjadi sebagai berikut :





 

Dikarenakan kita sudah memahami konsep awalnya, maka dutormasi tidak akan memperpanjang kata lagi. Selanjutnya kita akan masuk pada inti artikel ini yaitu program segitiga siku dan piramida menggunakan angka dan bintang. Selamat menyimak sobat dutormasi !!

 

1. Menampilkan Segitiga Siku-siku Menggunakan Bintang

 

Code Programnya :

 

public class Segitigasikubintang {

   

    public static void main(String[] args) {

        int x,y;

        for (x = 0; x <=7; x++) {

           //outer loop

            System.out.println();

            //Memberi garis baru atau enter

 

            for (int y = 0; y < x; y++) {

                //inner loop

                System.out.print(" * ");

                //menampilkan bintang pada output 

            }

        }

    } 

}

Pada program ini hampir sama saja pada konsep pemahaman awal kita. Pertama yang kita lakukan adalah deklarasi dengan 2 varibel yaitu x dan y. Dan disini kita menggunakan perulangan for yang menjadi 2 bagian yaitu perulangan luar (outer loop) dan perulangan dalam (inner loop).

 

Seperti pada sebelumnya, outer loop digunakan untuk memberikan enter atau garis baru, yang berfungsi untuk membentuk pola segitiga. Sedangkan pada inner loop atau perulangan dalam akan berfungsi untuk menampilkan barisan bintang.

 

Dikarenakan pada outer loop (x = 0; x<=7; x++), maka dihasilkan enter atau baris baru berjumlah 7 kebawah berjumlah 7 dengan cara dari x =0 dilanjutkan dengan increment.

 

Terus kenapa barisan bintangnya ada 7? Ya karena seperti kita buat pada program kita ,tepatnya pada code (y = 0; y<x; y++) . Di inner loop ini, kita memulai perbandingan y dari 0, dan dibandingkan terakhir dengan angka x = 7. Dikarenakan perbandingan terakhirnya x = 6 dan y = 7 (6<7). Maka  bintang yang dihasilkan berjumlah 7 barisan bintang.

 

Sehingga hasil program tersebut adalah :

 



2. Menampilkan Segitiga Siku-siku Menggunakan Angka

 

Code Programnya :

public class Segitigasikuangka {

   

    public static void main(String[] args) {

        int a,b;

        for (a = 7; a >=0; a--) {

           //outer loop

            System.out.println();

            //Memberi garis baru atau enter

 

            for (b = 7; b > a; b--) {

                //inner loop

                System.out.print(b + " ");

                //menampilkan bintang pada output 

            }

        }

    } 

}

Hampir sama seperti sebelumnya hanya saja ada yang sedikit berbeda pada program ini. Pada perulangan for ini kita menggunakan nilai angka yang terdapat pada variabel b dengan spasi ke samping, tepatnya pada code (System.out.print (b + ” “). Sehingga hasilnya tidak sama pada sebelumnya, pada program ini menampilkan sebuah angka.

Namun juga terdapat perbedaan pada outer loop dan inner loop yang kita gunakan. Pada program ini kita melakukan decrement atau pengurangan nilai 1 setiap terjadi perulangan. Karena itulah hasil program ini dimulai dari 7 sampai ke 1.

 

Hasil Programnya adalah :

 



 

TUGAS LATIHAN

1.       Tugas Buatllah Segitiga Sama Kaki atau Piramida Menggunakan Bintang

Yang hasil nya sebagai berikut:

 



 

 


Tidak ada komentar:

#