Selasa, 20 Agustus 2019

Tutorial Cara Reset Windows 10 Di Laptop Dell Jadi Seperti Baru

Cara Rusli



      PC dan Laptop semakin lama mungkin akan semakin lemot dan lambat. Beragam kerusakan seperti masalah sistem operasi mungkin juga semakin banyak. Namun jika PC atau laptop kamu terkena masalah software, kamu bisa memperbaikinya dengan mudah. Beragam permasalahan sistem dan software bisa diperbaiki dengan cara reset Windows. Ya, dengan melakukan reset Windows, akan membuat sistem operasi Windows menjadi seperti baru lagi.

Windows 10 adalah sistem operasi terbaru yang sudah dirilis beberapa tahun yang lalu. Tentu saja Windows 10 hadir dengan banyak penambahan dan peningkatan fitur. Namun bukan berarti Windows 10 bebas dari masalah.

Ada kalanya Windows 10 ini mengalami masalah sistem, bug, dan lain-lain. Sebenarnya kamu tidak perlu melakukan install ulang secara total. Kamu bisa coba reset Windows untuk mengatur ulang Windows ke kondisi yang benar-benar seperti baru.

Kamu tidak perlu download ISO atau melakukan beragam hal yang terkesan rumit. Proses reset Windows ini sangat mudah. Kamu tinggal tekan beberapa langkah untuk memulai proses reset Windows dan menunggu proses reset hingga selesai.

Untuk kamu yang ingin tahu bagaimana cara reset Windows 10, kamu bisa ikuti tutorial mudah berikut ini.


Pastikan komputer atau PC kamu tidak mati karena listrik padam atau semacamnya. Untuk pengguna laptop, disarankan juga memasang baterai sambil diisi baterainya.
Masuk ke Settings – Update&Security – Recovery yang ada di Windows 10.
gambar 1


Kamu akan menemukan opsi Reset this PC dan tombol Get Started untuk memulai proses reset Windows 10.

Klik Get Started untuk segera memulai proses reset Windows 10 di PC atau laptop kamu.

Kamu bisa memilih untuk tetap menjaga file pribadi tetap terjaga atau menghapus semua data yang ada di PC atau laptop kamu.
gambar 2


Pilih Remove Everything agar Windows benar-benar kembali seperti baru. Risikonya, semua data akan hilang.
Klik Reset untuk segera memulai proses reset Windows 10.





Tunggu beberapa saat hingga persiapan reset Windows selesai.
gambar 7

PC atau laptop akan restart dan reset Windows akan dimulai. Pastikan PC atau laptop tidak mati ketika sedang mereset Windows 10.
gambar 8

Kamu juga akan melihat proses Install Windows 10 ketika proses reset hampir selesai. Tunggu semua hingga selesai.
Jika kamu sudah bisa masuk ke desktop, berarti proses reset Windows 10 sudah selesai.


Sangat disarankan untuk melakukan backup data Windows agar jika proses reset Windows ini gagal di tengah jalan karena suatu alasan, kamu tidak akan kehilangan data karena semua data sudah dibackup dan aman tersimpan.

Meskipun pengguna bisa memilih untuk tetap menjaga agar file pribadi kamu tetap tersimpan dan tidak dihapus, namun bisa saja permasalahan Windows 10 tersebut adalah dari file pengguna tersebut.

Jadi agar proses reset Windows 10 ini berjalan dengan lancar dan hasilnya maksimal, hapus saja semua data juga dengan memilih Remove Everything agar PC atau laptop benar-benar seperti baru lagi.

Bagaimana? Sudah coba reset Windows 10 dan membuat Windows 10 segar kembali seperti baru?

Tidak ada komentar:

#