Kamis, 01 Agustus 2019

Memperbaiki Hardisc Yang Rusak Menggunakan CHKDSK/R/F/D Di CMD

Cara Rusli

       Pernahkan Kalian mengalamin hal yang serupa dengan saya, tiba tiba disc D tidak bisa di buka dan selalu loading... terus, awalnya saya anggap mungkin disc D nya penuh, tapi lama kelamaan ko tidak bisa dibuka sama sekali ada apa ini, terus saya coba cari cari soulusi di si embah google, apakah kena virus atau bagai mana tapi yang saya heran kalo disc C tidak kenapa napa ga ada masalah. dan akhirnya setelah mencari cari saya menemukan caranya di webnya patartambunan.com dan saya mengikuti caranya dan berhasil. alhamdulilah.

    Disini saya juga akan membagikan tutorialnya semoga bermanfaat dan berguana bagi kalian. hardisc rusak dikarenakan karena hardisc badsector ini paling sering dialami oleh hardisc, kerusakan ini ditandai lambatnya kinerja komputer disaat mulai di nyalakan atau pada starup terlalu lama. bahkan sering terjadi hang apabilaa menjalankan satu aplikasi .
Disini ada dua bad sector yang dapat menimpa hardisc kalian , yaitu bad sector secara sofware atau secara fisik, di kedua jenis bad sector ini sama-sama memiliki gejala berupa berhentinya hardisc untuk berputar dankomputer mendadak hang. atau diam seribu bahasa.

Ban sector secara fisik kerusakannnya disebabkan adanya debu, hardisc terjatuh, kepanasan, terkena benturan, dan lain sebagainya, tentu anda harus menggantinya dengan yang baru.
Namun jika bad sector secara sofware, yang sering terjadi karena disebabkan oleh kesalahan pengoprasian laptop atau pc kalian, seperti tindakan tindakan ceroboh seperti mematikan tanpa menggunakan shutdowon, jadi listrik mendadak mati, virus, dan lainnya sebagainya, maka kalian tidak perlu buru-buru ke teknisi komputer untuk service kalian bisa sercing di si embah google untuk mencari solusinya dan apabila tidak mendapaktakan hasil yang baik barulah di rujuk ke ahlinya.
disini saya hanya memberikan sedikit tips yang pernah saya alami sendiri dan hasilnya allhamdulilah berhasil laptop saya kembali bekerja secara normal lagi sampe sekarang.

Untuk caranya sebagai berikut:

1. Buka Command prom (CMD )
    a.  Tekan di menu pilih pencarian ketikan cmd lalu enter
    b. Tekan Menu yang gambar windows berbarengan dengan hurup R lalu tuliskan CMD



2. Pada tampilan CMD ketikan chkdsk /r /f d: lalu enter


3. Tunggu hingga proses selesai


Keterangan :
 a. chkdsk merupakan perintah pengecekan hardisc
 b. /r merupakan perintah untuk memindahkan bad sector
 c. /f adalah perintah untuk memperbaiki erorr
 d. d: adalah alamat hardisc yang akan di perbaiki tergantung hardisc mana yang mengalami erorr

Demikian postingan untuk kali ini semoga bermanfaat 

Tidak ada komentar:

#