Wednesday, August 15, 2018

Cara instal ionic Framework di windows

Cara Rusli

Sebelum mulai membangun ionic saya jelaskan untuk apa ionic framework itu. Ionic digunakan untuk membangun aplikasi mobile dengan menggunakan bahasa website, seperti HTML5, CSS, Javascript dan lainnya.

1. Download terlebih dahulu lalu install Git For Windows dan opisional console di laptop Link GIT
2. Install NodeJs setelah install selesai
3. Lalu buka Command Prompt dengan cara klik tombol  Start+R

Instal NodeJs
1. Selanjutnyan Cek apakah NodeJs sudah ter-install atau belum bisa di cek di CMD dengan      mengetikan node -v.


Jika keluar error seperti :

C:\Users\USER>node -v
‘node’ is not recognized as an internal or external command,
operable program or batch file.

Berarti Anda belum setting pathnya,
untuk menyetel path nya adalah seperti berikut :
Select Start -> Computer -> System Properties -> Advanced system settings -> Environment Variables -> System variables -> PATH.

untuk berikutnya NPM
NPM (Node Package Manager). Ini sudah terinstall bersamaan dengan install nodejs. Tools ini akan sangat membantu saat menambahkan module nodejs akan terinstall secara default di C:\Program Files\nodejs\node_modules\npm\bin kita cek dulu apakah sudah terinstal apa belum dengan cara ketikan di CMD yang kita buka tadi dengan mengetikan npm -v.
kalo sudah terinstal biasanya keuar versi missal 1.14.12.

langkah berikutnya :
install cordova caranya ketikan di cmd sperti ini:

npm install -g cordova lalu enter tunggu sampai proses selesai tapi saya sarankan untuk menginstalnya pake wifi biar lebih cepat jika sudah selesai silahkan di cek di cmd dengan mengetikan cordova -v.

nah setelah selesai instal cordova baru kita instal ionic-nya ya. untuk instal ionic-nya kita tinggal ketikan di CMD npm install -g ionic lalu enter terus tunggu sampa proses instal selesai. dan cara cek ionic sudah terinstal tinggal ketikan aja di cmd ionic -v gampangkan cara instal ionic.
untuk ini saya cukupkan sampe disini dulu cara instal ionic dan untuk arikel berikutnya kita akan membuat atau membangun aplikasi menggunakan ionik di artikel selanjutnya ya.


Post a Comment