Sabtu, 18 Maret 2017

Memasang Lagu Untuk Youtube tanpa Pelanggaran Hak Cipta Musik yang diunggah pada Video Anda

Cara Rusli


Youtube adalah situs web berbagi video terbesar di dunia. Dengan ribuan bahkan jutaan orang mengunjungi situs ini setiap detiknya, tentunya menjadi terkenal melalui situs ini menjadi hal yang sangat mungkin dilakukan. tidak hanya dimanfaat kan oleh perorangan youtube juga digunakan oleh berbagai perusahaan untuk media promosi yang sangat efektif.



Namun dengan semakin banyaknya pengguna, tidak semua memahami Term Of Service (TOS) atau aturan main yang disyartakan oleh google. tidak sedikit karya-karya video yang cekal oleh youtube karena berbagai pelanggaran hak cipta, terutama yang paling sering adalah di bagian lagu atau musik yang sebelumnya sudah memiliki hak cipta. jika google menemukan pelanggaran hak cipta, maka akun anda akan di peringatkan dan akan meyakinkan anda bahwa itu video buatan anda atau orang lain nantinya google memberikan kebijakan untuk mengganti lagu yang anda masukan atau melakukan banding apabila itu benar-benar hasil karya anda. jika tidak disetujui maka video anda akan di tutup. oleh karena itu anda harus benar-benar paham tentang kebijakan pelanggaran hak cipta ini yang akan berakibat buruk pada akun youtube anda bahkan bisa-bisa akun youtube aanda di non aktifkan secara permanen.

dengan ini saya akan memberi penjelasan agar anda dapat memahami berbagai lisensi yang berlaku di youtube niscaya tidak akan terjadi pelanggaran hak cipta dan anda video anda tetap bisa tayang dan adapat menghasilkan pundi-pundi dolar . Berikut ini adalah video beberapa lisensi yang wajib dipahami oleh para pembuat video yang akan menggunakan musik dan mengunggahnya ke akun youtube pribadi anda dan mempublikasikannya.


1. Full Copyright

   Seluruh isi lagu dilindungi oleh hak cipta. untuk menggunakan lagu dengan lisensi ini anda harus mendapat izin langsung dari pemegang hak cipta. Dengan kata lain kamu tidak dapat menggunakan jenis musik ini dalam karya video anda.




2. Creative Commons (CC)

    Organissai Non Profit Creative Commons telah memfasilitasi enem jenis lisensi yang mungkin artis atau musisi memberikan izin kepada siapapun untuk menggunakan musik mereka yang dilindungi oleh hak cipta dengan cara tertentu atau kondisi tertentu sesuai dengan pilihan pemberi izin . Berikut ini adalah empat pilihan kondisi yang berlaku

klik disini untuk melihat web Creative Commons Musik


  •   CC " No Derivatves (ND)
            Yang artinya lisensi ini memberi izin kepada pengguna untuk berbagi lagu, namun selama mereka tidak memodivikasi atau merubah suatu musik yang telah diciptakan menjadi musik baru. artinya kamu dapat berbagi track lagu namun anda tidak diizinkan memodifikasinya atau menaruhnya dalam karya video anda jadi saya sarankan bila anda menggunakan musik yang mempunya label ini atau lisensi ini yang ada tulisannya ND berarti anda tiddak bisa menggunakan lagu atau musik ini maka dari itu anda jangan menggunakan lagu ini ya.

  • CC "Non-Commercial (NC)"
         Lisensi ini adalah palingbanyak digunakan karena lisensi ini memberikan izin bagi siapa saja untuk memodifikasi dan menggunakan musi ini (termasuk video) dengan syarat tidak menjual kembali hasil karya yang telah dimodifikasi (non komersial) dan harus mematuhi kondisi lainya yang diberikan (memberi kredit / bayaran bagi artis pencipta lagu ini) jadi lisensi ini tidak cocok untuk video yang akan di upload ke youtube.
  Aturan mengunakan lisensi ini adalah:

     1. Pengguna harus memberikan kredit atau bayaran kepada artis pencipta lagu
     2. Pengguna tidak diizinkan untuk menjual kembali hasil karya yang telah dimodifikasi.
ok mulai paha mari lanjutkan

  • CC "Attribution (BY)"
         Lisensi ini merupakan yang paling bebas dari semua lisensi berlabel CC diaman pencipta lagu atau musik memberikan izin kepadaa siapapun untuk memodifikasi,menggunakan kembali lagu atau musik termasuk dalam video. Tanpa kondisi NC, lisensi ini memberikan kebebasan untuk pengguna komersial misalnya menjual kembali atau memasang iklan di youtube dengan ketentuan memberikan kredit atau bagihasil yang jelas bagi musisi pencipta sama halnya dengan aturan lisensi BY-SA. jadi terserah anda apa anda mau menggunakannya atau tidak tapi kalo anda menggunakan nati video yang tayang penghasilannya bagi hasil ama yang mpunya lagu ya.

  • CC "Share Alike (SA)"
        Lisensi ini mengijinkan orang lain untuk menggunakan karya nya sama persis  ( Indentik atau mirip) dengan lisensi yang diberikan karya aslinya. tidak ada aturan teknis yang baku untuk penempatan informasi lisensi namun pengguna harus membuatna tampak jelas bagi penonton video.


Dari keempat kondisi CC diatas, terdapat enam belas kemungkinaan kombinasi. namun hanya terdapat enam lisensi yang namun umumnya digunakan yaitu:

  1.  Attribution (BY): Pencita (termasuk pemberi lisensi) diberikan kredit atau minta bayaran.
  2. Attribution Non Commercial (BY-NC): pencipta diberikan kredit dan hanya untuk tujuan nonkomersial saja
  3. Attribution Non Derivatives (BY-ND): pencipta diberi kredit dan pengguna tidak boleh memodifikasi karyanya
  4. Attribution Share Alike (BY-SA) pencipta diberi kredit dan karyanya diberikan lisensi yang sama persis
  5. Attribution Non Commercial Non Derivatives (BY-NC-ND) pencipta diberi kredit karya tidak boleh dimodifikasi dan hanya untuk tujuan nonkomersial
  6. Attribution Non Commercial Share Alike ( BY-NC-SA) pencipta diberi kredit dan boleh digunakan dengan lisensi yang serupa uang diizinkan oleh pencipta serta tujuan nonkomersial saja
Disini ada gambar Lisensi Creative Commons yang bisa anda perhatika 



3. Public Domain
  Lisensi ini adalah yang paling bebas dan cocok untuk sebuah karya video anda untuk di upload ke youtube dan bisa langsung memoniteis video anda tanpa hawatir terkena klaim hak cipta dan anda bebas menggunakan lagu ini sesuka hati, karena sebelumnya sebenarnya public domain adalah sebuah karya yang sebelumnya dilindungi oleh hak cipta namun karena pemegang hak cipta memutuskan untuk tidak memperpanjang perlindungan hak cipta, jadi karyanya jadi milik bersama atau umum. dalam kasus tertentu lisensi publick domain dapat diberikan kepaadaa sebuah karya yang tidak jelas seekalipun lisensi ini menggunakan lambang orang berdiri nah jadi pilihlah lagu berlisensi ini.


berikut ini adalah rekomendai situs lagu/musik dengan lisensi cretive commons yang dapat anda kunjungi namun lagu yang disediakan tidak semuanya sesuai selera anda yang anda pilih-pilih aja lagu yang enak didengar dan cocok untuk video anda sebagai pengiring video anga inilah situs -situsnya selamat berselancar ya:

jamendo.com

wacca.fm

ccmixter.org

freemusicarchive.org

beatpick.com

incompetech.com/m/c/royalty-free/

opsound.org

 untuk mencari lagu berlisensi public domai kamu dapat mengunjungi situs ini

musopen.com

publicdomain2ten.com

publicdomain4u.com

jazz-on-line.com


oke mungkin sampai disin dulu ya artikelnya sampa ketemu di artikel berikutnya selamat mencoba semoga sukses ya jangan lupa di share ya

Tidak ada komentar:

#